Selasa, 13 November 2012

Mengatasi Bau Sangit/Hangus pada Kabin S. Ertiga

Beberapa pemilik/pemakai S. Ertiga mengeluhkan bau sangit/hangus di dalam kabin ketika mobil dikendarai diatas kecepatan 100 km/jam. Tersangka utama bau tersebut berasal dari catalyst converter dimana ketika panas akan mengeluarkan bau sangit/hangus.


Bau-bauan dari ruang mesin dapat masuk ke dalam kabin melalui celah-celah pada firewall, pada kasus S. Ertiga yaitu melalui celah pada lubang kabel. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat menutup celah-celah tersebut dengan isolasi atau sealent.

Setelah menutup celah pada lubang kabel tersebut beberapa pemilik/pemakai S. Ertiga meng-klaim bau sangit/hangus sudah tidak tercium lagi di dalam kabin.

5 komentar:

  1. sealent yang di pakai apa ya ?

    salam
    http://caffein-blue.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sealent yg biasa dipakai buat otomotif

      Hapus
  2. gan ade, barusan aku baca tampaknya bukan karena lubang di daerah firewall (kemungkinan)

    aku rangkum artikelnya di sini
    http://caffein-blue.blogspot.com/2013/03/cara-pasang-filter-ac-di-ertiga.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om justru sumber tulisan saya berasal dari forum ertiga indonesia yg saya tulis diatas.. memang benar dengan ada filter2 bau2an akan tersaring. Bau sangit memang lama2 akan hilang seiring dengan waktu pemakaian.. Bau itu muncul karena katalis masih baru.

      Hapus
  3. Didalam CC ada ceramicnya yang akan terbakar pada temperatur tinggi sehingga menimbulkan bau sangit dan pada akhirnya akan mencapai titik jenuh yg membuat tdk berbau lagi. Kalo bau masuk lewat depan maka dapat dipastikan ada kebocoran dari CC (kecil kemungkinannya), jd bau sangit masuk lewat ujung pipa buang knalpot. Saran saya tutup kebocoran/lubang didaerah bodi belakang. Suzuki bisa melakukanya.
    Selamat mencoba.

    BalasHapus