Minggu, 21 Oktober 2012

Memasang Kabel Grounding di Mobil

Rasa penasaran untuk memasang kabel grounding dalam sistem kelistrikan mobil akhirnya terwujudkan, dengan harapan dapat membuat sistem kelistrikan mobil menjadi lebih baik lagi. Walaupun mobil yang saya pasang tidak ada kendala dalam sistem kelistrikan, paling tidak dapat memaksimalkannya. Bila sistem kelistrikan dapat lebih maksimal tentunya dapat membuat efesiensi bahan bakar meningkat, akselerasi meningkat, lampu lebih terang dll.

Mobil yang saya pasangkan kabel grounding adalah Suzuki Ertiga yang masih berumur 4 bulan. Sempat rasa ragu karena mobil masih berumur muda pastinya kelistrikannya masih baik, tapi berhubung rasa penasaran maka apapun hasilnya yang penting diwujudkan.

Titik-titik yang saya pasang kabel ground yaitu:

Penampakannya:

Terminal Negatif (aki)

Fender Kiri (bodi)
Firewall (bodi)
Fender Kanan (bodi)
Bracket ECM/Aki (bodi)
Blok (mesin)
Hood (bodi)
Fender Hood (bodi)
Kepala Silinder (mesin)
Thorttle Body (mesin)
Alternator (mesin)

Kabel menggunakan kabel NYAF 10mm2 yang biasa digunakan untuk perangkat power telekomunikasi dan lebih besar dari AWG8.

Hasil yang didapat setelah penambahan kabel ground tidak terlalu mengecewakan - lampu dapat lebih terang, mesin lebih halus lagi, akselerasi semakin responsif, torsi meningkat, efesiensi bahan bakar sepertinya beda tipis. Tapi tidak tahu apa ini sugesti atau bukan, boleh percaya atau tidak, karena hanya diukur dengan mata, pendengaran dan perasaan hehehe. Semoga bermanfaat.

26 komentar:

  1. Om, masang kabel grounding gini menghilangkan garansi mobil ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik tanyakan langsung ke Beres.. Apapun resikonya ditanggung sendiri.
      Terima kasih udah mampir om Dino

      Hapus
  2. om, yg pasang ke altenator, cylinder head, sama throttle dipasang donk fotonya. ane masih newbie. jadi mo ngepas2in dengan gambarnya

    BalasHapus
  3. saya awam banget soal kelistrikan mobil. andai om ade mau kasih bimbingan secara langsung atau rekomendasikan bengkel yg mau pasangin, saya terima kasih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya tidak dapat memberikan bantuan secara langsung.
      Untuk bengkel juga saya tidak dapat bantu, karena saya sendiri melakukan secara sendiri

      Hapus
  4. Kabelnya habis brp meter om ade...?? habis brp duit itu om buat kayak gini....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skema dan panjang kabelnya sudah saya berikan diatas. Saya memesan kabel sesuai dengan ukuran yg saya inginkan kemudian saya pasang sendiri.. untuk memesan/ membeli kabel ini sekitar 200ribuan.

      Hapus
  5. untuk membuat hemat BBM gimana caranya , ane udah 5 bulan rata-rata 15,3 l/KM. ada yang bilang sampai 19 l/km.ada masukan om untuk jadi bahan shearing. tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Men ghemat bahan bakar tergantung kondisinya.
      1. Kondisi kendaraan
      2. Kondisi bahan bakar
      3. Kondisi rute lingkungan (datar, tanjakan, berliku2 dll)
      4. Kondisi lalu lintas (macet dll)
      5. Cara kita mengemudi kendaraannya.
      Jadi agak sulit membandingkan efesiensi setiap kendaraan, kecuali semuanya sama.
      Walaupun kita sudah memasang lebih dari satu alat yang di klaim bisa menghemat bahan bakar balik lg ke kita.. apakah kita sudah melakukan cara mengemudi secara hemat.. itu aja intinya.

      Hapus
  6. Thanks very educated

    BalasHapus
  7. saya punya mobil nissan lawas 92 ketika beli kelistrikan kacau..lampu g terang klakson seperti suara bebek kejepit he he wiper ogah ogahan bergerak speedo meter ngaco..tape mobil kadang mati sendiri..nah saya bikin grounding dari kabel yg saya cari di glodok abis sekitar 10 meteran yg saya bagi bagi tiap sudut mobil kemudian saya konektor bulat dari kuningan yg saya bor sekitar 8 lubang untuk masuk baut no 10..nah semua kabel grounding disatukan di situ dan ditancapkan ke kubu negatif accu...hasilnya semua penyakit tsb diatas lenyap dan mobil kembali stabil akibat pembakaran yg yg baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih om sudah ikut berbagi pengalaman..

      Hapus
  8. om, numpang tanya sedikit, semua titik grounding diatas harus menyatu semua yah ke satu titik, atau bisa sembarang, misal: altenator ke bodi kiri, dan thorttle ke bodi kanan..

    semua titik grounding diatas harus menyatu ke negatif aki yah atau gak?

    saya baca komentar om adang dia satuin semuanya trus nyambung ke negatif aki..

    mhon bimbingannya om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau murah... seperti cara saya... dari kutub negatif disebar ke berapa titik terus disebar lg ke titik yang lain.
      Lebih mahal... dari kutub negatif aki lansung di hubungkan ke titik yg ditentukan... butuh kabel lebih banyak.. dan butuh terminal pada kutub negatif aki

      Hapus
    2. baca http://www.adekusmana.com/2012/10/memperbaiki-sistem-grounding.html

      Hapus
  9. Om Ade, Untuk ertiga matic point gc di atas apakah ada tambahan, misal untuk gearbox ATnya? Ditunggu jawabannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mobil matik... pemasangan kabel grounding di gearbox termasuk yang disarankan untuk dipasang...
      Terima kasih jg

      Hapus
    2. Om Ade, kebetulan krn mobil saya juga ertiga mo tanya lg dunk selain di diagram di atas lokasi2 ini penting jg apakah perlu digrounding:
      - fuel rail
      - dinamo starter
      - rem ABS

      Mohon konfirmasinya jg untuk:
      - bracket ECM itu apakah sama dengan ECU?
      - throttle body apakah sudah mewakili intake manifold?
      - posisi grounding/kabel massa bawaan ertiga ada di mana ya?

      Ada yg pernah saran jg terminal plus alternator dijumper jg ke terminal positif aki supaya lbh baik pengisian akinya. Apakah bermanfaat krn sebenar bawaannya kan aki sudah terconnect ke alternator u/ pengisian.

      Klo ada foto lokasinya di ertiga untuk lokasi2 di atas boleh juga dishare om ade, makasih banyak

      Hapus
    3. Untuk fuel rail dan dinamo stater.. titik-titik yang Juga disarankan untuk dipasang grounding.
      Tetapi berhubung ertiga merupakan mobil baru, dahulu kan saja titik yang menurut kita penting.

      Bracket ecm sama dengan ecm sesuai dengan foto.

      Untuk intake manifold, ertiga menggunakan sejenis plastik.

      Kabel grounding bawaan ertiga dari terminal negatif aki terhubung ke fender kiri dan gearbox, silahkan telusuri.

      Sebegitu perlukah pemasangan terminal positif alternator ke terminal positif aki, mobil baru loh, kabel masih bagus dan pastinya pengisiannya masih bagus juga.

      Hapus
    4. ECM sama dengan ECU... cuma beda penyebutan saja

      Hapus
    5. Om Ade, makasih pencerahannya, sukses selalu :)

      Hapus
    6. Sama2 ya om Stanley... Terima kasih sudah mampir ke blog saya

      Hapus
  10. om ukuran berapa buat ring baut nya,,,?

    BalasHapus
  11. butuh brp meter om kabel nyaf nya.. klo di pasang diameter lebih besar, misalnya 16mm gak masalah khan om Ade???

    BalasHapus
  12. mau tanya, kalo dari altenator ground kan tempel ke bodi, kalo saya pasang kabel ground(-) dari antenator langsung ke aki(-) apa lebih bagus ? atau sama saja ?

    BalasHapus
  13. Mas Ade kusuma,

    Mohon pencerahannya, kalau kabel speedometer dan RPM ertiga ada dimana ya posisinya? dibelakang dashboard apa dimana ya?

    terimakasih
    Yanto

    BalasHapus